Sabtu, 19 Maret 2011

FUNGSI EVALUASI PENDIDIKAN

Bagi pendidik, secara didaktik evaluasi pendidikan itu setidak-tidaknya memiliki lima macam fungsi yaitu :
  1. Memberikan landasan untuk menilai hasil usaha (prestasi) yang telah dicapai oleh peserta didiknya.Artinya evaluasi berfungsi memeriksa pada bagian-bagian manakah para peserta didik pada umumnya mengalami kesulitan dalam mengikuti proses belajar mengajar, untuk selanjutnya dapat dicarai dan ditemukan jalan keluar atau cara-cara pemecahannya. Jadi, disini evaluasi mempunyai fungsi diagnostik.
  2. Memberikan informasi yang sangat berguna, guna mengetahui posisi masing-masing peserta didik di tengah-tengah kelompoknya. Artinya evaluasi diperlukan untuk dapat menentukan secara pasti, pada kelompok manakah kiranya seorang peserta didik seharusnya ditempatkan. Misalnya : Kelompok Atas (cerdas), Kelompok Tengah (rata-rata), Kelompok Bawah (lemah). Jadi, evaluasi berfungsi sebagai fungsi Placement.
  3. Memberikan bahan yang penting untuk memilih dan kemudian menetapkan status peserta didik. Artinya evaluasi dilakukan untuk menetapkan apakah seorang peserta didik dapat dinyatakan lulus atau tidak lulus, dapat dinyatakan naik kelas atau tinggal kelas, dapat diterima pada jurusan tertentu atau tidak, dapat diberikan beasiswa ataukah tidak dan sebagainya. Jadi, evaluasi sebagai fungsi selektif.
  4. Memberikan pedoman untuk mencari dan menemukan jalan keluar bagi peserta didik yang memang memerlukannya. Berlandaskan hasil evaluasi pendidik dimungkinkan untuk dapat memberikan petunjuk dan bimbingan kepada para peserta didik misalnya tentang bagaimana cara belajar yang baik, cara mengatur waktu belajar dan sebagainya. Sehingga kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh para peserta didik dalam KBM dapat diatasi dengan sebaik-baiknya. Dalam hal ini dikatakan evaluasi memiliki fungsi bimbingan.
  5. Memberikan petunjuk tentang sudah sejauh manakah program pengajaran yang telah ditentukan telah dapat dicapai. Yaitu melakukan pembandingan antara Tujuan Instruksional Khusus (TIK) yang telah ditentukan untuk masing-masing mata pelajaran dengan hasil-hasil belajar yang telah dicapai oleh peserta didik bagi masing-masing mata pelajaran tersebut dalam jangka waktu yang telah ditetapkan. Jadi evaluasi memiliki fungsi instruksional.
Bagi pendidik, secara administratif evaluasi pendidikan itu setidak-tidaknya memiliki tiga macam fungsi yaitu :
  1. Memberikan Laporan. Dengan evaluasi akan dapat disusun dan disajikan laporan mengenai kemajuan dan perkembangan peserta didik setelah mereka mengikuti proses pembelajaran dalam waktu tertentu. 
  2. Memberikan bahan-bahan keterangan (data). Yaitu nilai-nilai yang didapat dari hasil evaluasi adalah merupakan data yang sangat penting untuk keperluan pengambilan keputusan pendidikan dan lembaga pendidikan : apakah seseorang peserta didik dapat dinyatakan tamat belajar, naik kelas, tinggal kelas, lulus atau tidak lulus dan sebagainya.
  3. Memberikan gambaran. Gambaran hasil-hasil yang telah dicapai dalam proses pembelajaran tercermin antara lain dari hasil-hasil belajar para peserta didiksetelah dilakukannya evalusi hasil belajar.

    Tidak ada komentar:

    Poskan Komentar